Thursday 10 January 2013

Sejarah Keramik



Nama keramik berasal dari Eropa yaitu seorang Yunani yang bernama Keramos, seorang pembuat barang-barang gerabah pada abad XVII. Menurut literatur lain disebutkan bahwa kata keramos artinya adalah bahan yang dibakar. Ada juga yang menyebutkan bahwa keramos berarti bagian dari tanah. Pada awalnya,  Tiongkok adalah negeri asal tempat pembuat barang keramik kira-kira 203 tahun sebelum masehi.
            Yang dimaksud dengan keramik adalah bahan padat anorganik yang bukan logam (Saito dan Surdia 1999: 288). Zaman sekarang boleh dibilang zaman batu baru. Keramik menjadi terkenal lagi. Bahan keramik mempunyai stabilitas yang relatif tinggi, sebagai kelompok bahan, keramik mempunyai titik cair yang tinggi, dibandingkan dengan logam atau bahan organik. Biasanya lebih keras, tahan api, tahan korosi dan tahan terhadap perubahan-perubahan kimia. Memang ada kelemahan dari keramik yaitu getas dan mudah patah (Djaprie dan VanVlock 1989: 305).
            Ribuan tahun yang lalu, tanah liat banyak tersedia di sembarang tempat dan digunakan untuk membuat keramik sejak zaman prasejarah hingga barang itu menjadi lebih kuat. Keramik bercorak primitif ditemukan 4000 tahun yang lalu, berwarna hitam dan mudah pecah. Penemuan pada umumnya terjadi di Timur Tengah dimana Pperdagangan keramik sudah berjalan dengan pesat.
            Barang-barang yang dibuat oleh negeri tiongkok antara lain: guci untuk menyimpan anggur, guci untuk menyimpan abu mayat, barang pecah-belah dan lain-lain. Pertama kali membuat keramik mereka belum mengenal glasir. Baru pada tahun 220 Masehi mereka membuat gerabah dengan menggunakan glasir. Gerabah yang mereka buat adalah keramik keras berwarna dan glasir yang digunakan adalah timbal

 (timah hitam). Pada mulanya pembuatan benda-benda keramik ditujukan pada wadah-wadah yang dipergunakan untuk menyimpan biji-biji bahan makanan dan semacamnya. Benda itu dibuat secara kasar, dibentuk dengan tangan dengan dekorasi sederhana yang menunjukkan zaman yang bersangkutan. Lebih lanjut dikenal alat putaran yang dapat membentuk badan benda-benda tersebut. Alat putaran itu merupakan mesin yang pertama dalam proses pembuatan keramik dan setelah revolusi keramik dibuat dengan mesin dan harganya menjadi lebih mahal, namun kualitasnya semakin baik. Perkembangan pembuatan benda keramik selanjutnya menunjukkan bahwa bahan keramik dapat dipergunakan pula untuk membuat benda-benda yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk saat ini, fungsi keramik bukan hanya untuk bahan pecah-belah namun juga sebagai keramik teknik
 Sejarah Keramik

1 comment:

  1. Saya siap membantu jika Bapak/Ibu sedang membutuhkan Trafo/Transformer isolasi, auto, rectifier, distribusi, reactor dll dengan berbagai spesifikasi/custom merk Centrado.
    Juga menyediakan spare part Trafo seperti tap changer, bushing, skun, breather, DMCR, seal/packing dll dengan harga yang kompetitif.
    Silahkan menghubungi saya di whatsapp atau telp 0812-95358935
    Terima kasih

    ReplyDelete