Thursday 10 January 2013

PENGGLASIRAN KERAMIK



Glasir adalah lapisan tipis pada permukaan barang-barang keramik, lapisan yang mana setelah dibakar lebur merupakan selaput gelas tipis. 
Tujuan yang utama dari proses pengglasiran ialah:
1)      Membuat barang-barang tak dapat ditembus gas dan cairan,
2)      Menambah kekuatan barang, dan
3)      Menambah indah hasil produk.
Cara melapisinya adalah keramik yang telah difinishing dan dispon kemudian dicelupkan ke dalam adonan glasir atau dapat juga dengan cara dikuas. Bahan baku glasir sendiri dibuat hampir sama seperti halnya bahan baku keramik, yaitu mencampurkanya dengan air dan juga berupa adonan yang campuran airnya lebih besar dibandingkan dengan campuran masse.
Dilihat dari hasilnya, glasir mempunyai dua jenis yaitu glasir transparan dan glasir translucion. Untuk hasil produk yang berwarna biasanya digunakan glasir trasparan sedangkan untuk hasil yang netral (putih) mengkilap biasanya menggunakkan glasir

3 comments:

  1. Informasi yang menarik, sayan tidak ditulis secara lengkap, saya perlu informasi tentang suhu yang dibutuhkan agar glasiran berhasil maksimal, dan ukuran besar kecil barang yang diglasir, bagaimana hasilnya
    Trimakasih

    ReplyDelete
  2. Saya siap membantu jika Bapak/Ibu sedang membutuhkan Trafo/Transformer isolasi, auto, rectifier, distribusi, reactor dll dengan berbagai spesifikasi/custom merk Centrado.
    Juga menyediakan spare part Trafo seperti tap changer, bushing, skun, breather, DMCR, seal/packing dll dengan harga yang kompetitif.
    Silahkan menghubungi saya di whatsapp atau telp 0812-95358935
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Maaf mau nanya
    Mau beli glasir warna d mana ya

    ReplyDelete